Kampung Bahasa UNESA - PA Rongewu Rolas JemPOL-JemPOL

Jumat, 31 Mei 2013

Orang Asing Belajar Bahasa Indonesia di Unesa

Belajarlah sampai negeri Indonesia. Belajar tidak hanya di China tetapi juga dapat di Indonesia. Itulah pernyataan yang pas untuk 7 mahasiswa dari negara Polandia, Korea, Thailand, Jepang, dan China. Mereka belajar berbahasa Indonesia melalui program BIPA di Jurusan Bahasa Indonesia. Mereka ini rata-rata belajar selama 6 bulan dan ada yang sampai 1 tahun.
“Sistem perkuliahan yang mereka tempuh selama 1 minggu ada 5 hari yaitu hari Senin--Jumat, selama satu hari terdapat dua pertemuan, yaitu satu di kelas BIPA dan satu di kelas reguler (bercampur dengan mahasiswa Indonesia)," ujar Dr. Yuniseffendri, M.Pd, selaku koordinator BIPA Unesa. Ada tujuh mata kuliah pokok yang diperoleh mahasiswa BIPA, antara lain: keterampilan berbahasa ( keterampilan berbicara,  keterampilan menulis, keterampilan membaca, dan keterampilan menyimak), unsur-unsur kebahasaan (tata bahasa, kosa kata), dan memperkenalkan budaya Indonesia (pengenalan aspek kebudayaan Indonesia). "Untuk bahasa pengantarnya, kita menggunakan bahasa Inggris,” tutur dosen muda itu.
“Saya senang sekali dapat belajar bahasa Indonesia, terutama di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa, karena tempatnya nyaman untuk belajar dan pengajarnya sangat kompeten di bidangnya,” tutur Asama Webusa Mahasiswa dari  Thailand. (Rudi/syt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please.. Don't Repost Back.. :D