Kampung Bahasa UNESA - PA Rongewu Rolas JemPOL-JemPOL

Senin, 03 Juni 2013

KONSEP-KONSEP MORFOLOGI






Morfem adalah satuan gramatik yang terkecil yang mempunyai makna, baik makna leksikal maupun makna gramatikal.Kata memperbesar misalnya, dapat kita potong sebagai berikut; mem-perbesar ,per-besar.  Morf adalah nama untuk sebuah bentuk yang belum diketahui statusnya (misal: {i} pada kenai); sedangkan alomorf adalah nama untuk bentuk tersebut kalau sudah diketahui statusnya (misal [b¶r], [b¶], [b¶l] adalah alomorf dari morfem ber-. Atau biasa dikatakan bahwa anggota satu morfem yang wujudnya berbeda, tetapi yang mempunyai fungsi dan makna yang sama dinamakan alomorf. Dengan kata lain alomorf adalah perwujudan konkret (di dalam penuturan) dari sebuah morfem.   
Morfemis adalah bentuk yang dapat berdiri sendiri artinya tidak membutuhkan bentuk lain yang di gabung denganya, dan dapat dipisahkan dari bentuk-bentuk “bebas” lainya di depanya maupun dibelakanganya, dalam tuturan.
Proses morfologis dapat dikatakan sebagai proses pembentukan kata dengan menghubungkan morfem yang satu dengan morfem  yang lain yang merupakan bentuk dasar.
Pengafiksan adalah peleburan imbuhan atau afiks pada morfem dasar. Contoh: Berbaju, Menemukan, Ditemukan; Jawaban. Bila dilihat pada contoh, berdasarkan letak morfem terikat dengan morfem bebas pembubuhan dapat dibagi menjadi empat, yaitu pembubuhan depan (prefiks), pembubuhan tengah (infiks), pembubuhan akhir (sufiks), dan pembubuhan terbelah (konfiks).
Reduplikasi adalah pengulangan satuan gramatikal, baik seluruhnya maupun sebagian, baik disertai variasi fonem maupun tidak.Contoh: berbulan-bulan, satu-satu, seseorang, compang-camping, sayur-mayur.
Penggabungan atau Pemajemukan adalah proses penggabungan dua morfem dasar atau lebih untuk membentuk satu kata majemuk. Contoh: Sapu tangan, Rumah sakit.
Klitika adalah morfem pendek yang tidak dapat diberi aksen atau tekanan melekat pada kata atau frasa lain dan meiliki arti yang tidak mudah untuk dideskripsikan secara leksikal, serta tidak melekat pada kelas kata tertentu.Contoh: -pun, -lah(sekalipun,apalah).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Please.. Don't Repost Back.. :D